Pemulihan data dalam Windows serta Mac OS



Anda manusia dan komputer adalah mesin. Keduanya dapat gagal setiap saat. Anda dapat menghapus file secara tidak sengaja. Sistem mungkin gagal atau hard drive mungkin menjadi korup. Dalam semua kasus tiga, Anda berdiri untuk kehilangan data berharga. Anda harus tahu bagaimana memulihkan data yang hilang tersebut. Sistem operasi yang paling umum adalah Windows dan Mac OS X. Kita sekarang akan melihat metode pemulihan data dalam setiap sistem operasi ini.

baca juga Harga Terbaru 2016

• Windows:

-Periksa Recycle bin: biasanya dihapus file pergi ke Recycle bin. Anda dapat membuka recycle bin, klik kanan pada nama file dan memilih opsi 'Pulihkan'. File akan datang kembali ke lokasi semula.

-Berhenti mengakses drive: dalam kasus Anda tidak menemukan file di recycle bin, Anda tidak harus menyimpan atau menghapus sesuatu dari komputer Anda. Hal ini meningkatkan kesempatan Anda untuk memulihkan file.

-Gunakan program pemulihan data: Anda harus membuat menggunakan program-program tersebut untuk memulihkan file Anda hilang. Anda dapat men-download program dari internet. Namun, Anda tidak harus menyimpan program pemulihan pada drive Anda ingin memulihkan data dari: menyimpannya ke drive yang tidak terpengaruh oleh kehilangan data.

-Tentukan pencarian Anda: titik pemulihan program disk file adalah pada sebelum penghapusan. Anda dapat menentukan nama file atau mendapatkan daftar semua file dapat dipulihkan.

-Memindai komputer Anda: melakukan scan mendalam komputer Anda dapat membantu Anda memulihkan data.

-Browse untuk file: setelah scan kembali hasil, Anda harus mencari file Anda. Anda dapat mengembalikan sebagian besar file dengan cara ini.

• Mac OS:

-Tempat sampah: Periksa kotak sampah untuk file sengaja dihapus. Anda dapat memulihkan file dari lokasi ini dengan mudah.

-Jangan mengakses drive: setelah file yang hilang, Anda harus segera berhenti menyimpan atau menghapus apa pun di komputer Anda. Anda akan dapat memulihkan data yang hilang sebelum Anda menimpa file.

-Download program pemulihan data: ini adalah cara terbaik untuk memulihkan file yang hilang.
-Boot komputer: beberapa program pemulihan memerlukan sistem reboot untuk mengaktifkan pemulihan file dihapus.

baca juga Harga Asus Zenfone 3

-Menghubungkan drive pemulihan: bila menggunakan Mac OS, Anda harus terhubung USB drive dan menggunakannya sebagai tujuan untuk file pulih.

-Menentukan pengaturan scan: Anda dapat melakukan scan cepat atau scan mendalam. Scan mendalam mungkin memerlukan waktu. Dengan demikian, Anda harus melakukan scan cepat pertama. Dalam kasus Anda tidak memulihkan file, Anda selalu dapat melakukan scan mendalam.

-Pilih file dipulihkan: setelah pemindaian selesai, Anda dapat memilih file dapat dipulihkan dari layar. Namun, Anda harus menggunakan opsi pratinjau untuk memeriksa apakah pemulihan lengkap.

-Lengkap pemulihan data: dalam kasus Anda harus memulihkan sejumlah besar file, Anda harus memulihkan file penting pertama. Ini dapat menghindari korupsi file penting Anda.